Plt. Bupati Murung Raya H. Darmaji, SE meresmikan kegiatan deklarasi ODF (Open Deffection Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan pada Desa Dirung Pinang Dan Tahujan Laung sebagai percontohan bagi desa lain agar tidak ada lagi penggunaan WC Jamban/Lanting sebagai tempat buang hajat di daerah aliran sungai Barito di Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2018.
Dalam sambutannya, Plt. Bupati Murung Raya, Darmaji, SE mengatakan “Dengan sudah dideklarasinya dua desa ini, dapat mewujudkan kebiasaan keluarga hidup sehat dan bersih dalam penggunaan sarana buang air besar di WC Jongkok , dan tidak ada lagi penggunaan WC Jamban/Lanting di sungai Barito” .
Acara Deklarasi tersebut dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Laung Tuhup yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPMD, Kepala Diskominfo SP, Camat Permata Intan, Kapolsek, Kepala Depag, dan tokoh Masyarakat serta seluruh Kepala Desa dan unsur PKK di Lingkup kecamatan Laung Tuhup.
Camat Laung Tuhup, Supriadi Usup menjelaskan “Kegiatan ini seharusnya dilaksanakan di desa yang bersangkutan, karena melalui beberapa pertimbangan maka dilaksanakan di Kecamatan Laung Tuhup, melalui kegiatan ini pula dapat menginspirasi 21 desa lain yang ada di Laung Tuhup”.
“Melalui Deklarasi ini, masyarakat harus selalu berkerja sama membangun dan menjaga kebersihan tempat buang air besar di desanya masing-masing, agar terwujudnya keluarga yang sehat dan cerdas”. Tegas Bupati. (Diskominfo SP)